Latest News

Saturday 8 April 2017

BURUNG BUBUT ADALAH

burung bubut


JENIS BURUNG BUBUT


Burung Bubut terdiri dari beberapa jenis diantaranya:
1. Bubut Besar (Centropus sinensis)
2. Bubut Jawa (Centropus nigrorufus)
3. Bubut alang-alang (Centropus bengalensis)

Mereka adalah burung matan keluarga Cuculidae.


SEPERTI APA BURUNG BUBUT ITU?

Burung Bubut (Centropus sinensis) memiliki postur tubuh yang mirip seperti burung Elang. Bulunya terlihat halus dengan warna dominan hitam dan sedikit jingga atau kuning kemerahan di sekitar sayapnya. Habitat tempatnya bersarang adalah semak belukar. Biasanya di pinggir rawa atau daerah berair lainnya.

Burung Bubut merupakan jenis burung pemakan ulat, belalang, kumbang, katak, kadal yang memiliki habitat di tepi hutan, belukar sekunder, semak tepi sungai, juga hutan mangrove yang tersebar sampai ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut.

Burung Bubut Besar memiliki tubuh berukuran besar (46 cm). Seluruh bulunya berwarna hitam biru-ungu mengkilap. Sayap, mantel, dan bulu penutup sayap coklat berangan. Irisnya merah, paruh hitam, dan kaki hitam. Burung ini sering hinggap di atas tanah atau pada semak-semak dan pohon. Sarangnya berbentuk bola dan terdapat pada rerumputan atau semak lebat. Telur berwarna putih dengan tanda kuning, dengan jumlah 3-4 butir. Burung bubut memiliki musim berkembang biak bulan Maret, April, dan Mei.

Di Indonesia, Burung Bubut ini banyak ditemui di pulau Sumatera, Kalimantan, Nias, Mentawai, Jawa, dan Bali. Burung ini dinamakan bubut atau but-but karena mengeluarkan kicauan dengan bunyi “But… But… But…”. Suaranya cenderung besar dan tidak merdu layaknya burung-burung peliharaan pada umumnya.

Populasi burung ini terpantau semakin langka seiring semakin banyaknya orang yang ingin mengetahui manfaat Burung Bubut untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apakah termasuk Anda?.

No comments:

Post a Comment

Recent Post